Angin Puyuh (Twister)

     Ada beberapa jenis angin puyuh, tetapi yang paling ganas adalah tornado, yang memiliki kekuatan angin paling kuat di Bumi. Turun membentang dari awan guntur yang tebal dan diikuti oleh petir, hujan dan hujan es, tornado menjadi pemandangan yang mengerikan. Bersama dengan angin puting beliung, tornado menyebabkan kerusakan besar pada daerah yang dilaluinya. Angin puyuh yang ringan, disebut devil, terjadi di cuaca yang baik dan umumnya terjadi di daerah yang panas dan kering.

AWAL TERJADINYA TORNADO
 
      Tornado terbentuk di awan petir, ketika aliran udara naik yang kuat mendekati aliran udara turun yang luar biasa kuatnya. Kejadian ini cenderung paling banyak terjadi selama badai dahsyat yang sering terjadi di medan udara dingin, tempat udara panas didesak naik dengan cepat. Kata tornado sendiri berasal dari bahasa Spanyol untuk hujan petir, tronada.
      Aliran udara naik yang kuat meninggalkan daerah yang bertekanan rendah di awan. Udara masuk menggantikan aliran udara naik yang kuat dan menyamakan tekanan. Karena udara yang bergerak naik adalah udara yang sangat kuat, udara yang masuk adalah semua udara dari bawah, yang lebih hangat yang lebih memperkuat udara yang bergerak naik. Ketika mengalir naik turun, udara yang masuk memilin udara yang telah membumbung tinggi menjadi pusaran angin.

"BELALAI" TORNADO

      Ketika naik memasuki dasar awan petir, udara panas mendingin dan berkondensasi menjadi butiran-butiran awan yang sangat kecil. Aliran udara turun yang kuat mendesak butiran-butiran yang berada di bawah dasar awan petir sehingga butiran-butiran itu masuk ke tonjolan awan putih yang menggantung. Ini adalah tanda yang dapat dilihat dari kemunculan tornado.
Formasi awan yang disebut Mamma (Mammatus Cloud) menjadi pertanda awal akan kemunculan tornado.
       Ketika semakin banyak udara yang disedot ke atas, udara berkondensasi di ketinggian yang semakin rendah sampai membentuk cerobong awan yang besar. Saat mencapai permukaan, cerobong awan tampak seperti belalai gajah yang sangat besar yang turun menukik dari awan petir.

SAMBARAN TORNADO

      "Belalai" tornado mengeluarkan suara mendesis ketika meliuk-liuk turun. Suara desisan itu kemudian berubah menjadi gemuruh ketika belalai itu menyentuh permukaan tanah. Secara dramatis cerobong awan menjadi gelap ketika debu dan puing-puing ditarik ke dalam cerobong.
      Setiap benda yang tidak terikat erat dapat menghilang masuk ke dalam debu yang berputar-putar. Hewan, orang, dan bahkan truk dapat ditarik dari permukaan dan dibawa jauh, kemudian dijatuhkan. Cerobong tornado meloncat dari satu tempat ke tempat lain. Ini artinya satu rumah dapat dirusak dan rumah berikutnya selamat.
      Tekanan udara di dalam tornado bisa serendah tekanan udara biasa di atmosfer (tekanan udara rata-rata atmosfer adalah 1013 mb (milibar) atau 29,91 pip (pon per inci persegi), tekanan udara tersebut dapat turun hingga 910 mb (26,87 pip) di mata angin topan yang bertekanan rendah). Ini dapat menyebabkan ledakan, karena tekanan udara yang lebih tinggi di dalam bangunan menyembur. Pintu dan jendela harus dibuka ketika tornado mendekat sehingga udara dapat keluar perlahan-lahan dan menyebabkan kerusakan yang lebih sedikit.


HUJAN ANEH

       Tornado dapat menarik katak, ikan, dan bahkan anjing dan kucing dari permukaan dan kemudian memuntahkannya seperti hujan. Badai dahsyat yang terjadi di daerah terpencil di Australia pada tahun 1994 menghujankan ratusan ikan air tawar, sedangkan di Inggris pada tahun 1978, hujan angsa terjadi di jalanan sepanjang 45 km (28 mil). Semua dikarenakan tornado.

KEMANA PERGINYA TORNADO?

      Tornado bergerak maju dengan kecepatan badai kira-kira 56 km per jam (35 mil per jam), dengan kecepatan angin yang berputar-putar sampai 480 km per jam (300 mil per jam). Cerobong tornado bisa menjadi sangat sempit, dengan lebar sampai 500 m (1625 kaki). Sebanyak 40 cerobong tornado yang terpisah-pisah dapat terbentuk ketika satu badai menyapu melintasi daratan. Gemuruh tornado yang sedang mengamuk dapat didengar sampai 40 km (25 mil) jauhnya.
      Sebagian besar tornado dapat berlangsung tidak lebih dari setengah jam dan beberapa hanya berlangsung selama beberapa menit. Tornado melemah ketika udara yang disedot masuk sudah tidak lagi cukup panas untuk memberi tenaga pada udara yang bergerak naik. Ketika udara yang bergerak naik berkurang, tekanan udara menjadi seimbang dan angin turun.

LORONG TORNADO (TORNADO ALLEY)

       Bentangan tanah datar antara Texas dan Illionis di Amerika Serikat dikenal sebagai Lorong Tornado, karena tornado sering terjadi di tempat ini. Tornado terburuk terjadi pada tanggal 18 Maret 1925. Selama 3,5 jam tornado mengamuk, menewaskan 689 orang, mencederai 1.980 orang, menghancurkan 4 kota, merusak 6 kota lainnya, dan membuat 11.000 orang kehilangan tempat tinggal.

JENIS-JENIS ANGIN  PUYUH 

ANGIN PUTING BELIUNG
Di masa lampau, angin puting beliung dianggap sebagai monster laut.
       Angin puting beliung adalah tornado yang terjadi di atas air. Cerobong tornado terutama tersusun dari butiran-butiran udara yang telah berkondensasi, tetapi udara tersebut menarik air ketika menyentuh laut sehingga melepaskan semburan yang berputar-berputar dari dasar laut. Angin puting beliung terbesar, dengan tinggi 1,5 km (1 mil), terjadi di dekat pesisir pantai Australia pada tahun 1898. Angin puting beliung dapat mengangkat kepiting atau kerang yang dijatuhkan saat angin tersebut menghantam daratan. Ketika angin puting beliung melemah, seluruh air yang dibawanya tumpah ke bawah sehingga dapat menghancurkan kapal atau bangunan di pesisir.

SETAN API
Setan api berputar-putar di atas permukaan tanah dengan kecepatan tinggi.
      Termal (arus udara) yang kuat dapat berkembang ketika api yang besar memanaskan udara di atasnya. Termal menyedot udara di sekelilingnya yang masuk dan naik dengan cepat, sehingga menarik api ke atas menjadi tiang api yang berputar-putar. Udara yang masuk memberi tambahan lebih banyak oksigen sehingga membuat api semakin berkobar dengan hebat. Tidak ada yang bisa selamat dari setan api, bahkan tak seorang pun mampu mendekat untuk memadamkannya.

SETAN DEBU DAN SETAN ANGIN
Suku kuno di padang pasir menganggap setan debu adalah roh, yang disebut "ginni" (jin). Ini adalah tempat asal Jin Malam Arab.
      Tidak seperti tornado, setan debu dapat terjadi tanpa awan di langit. Sebagian besar terjadi di hari yang panas dan kering di padang pasir. Setan debu mulanya adalah termal sempit yang berputar-putar menjadi angin puyuh kecil ketika udara masuk dari segala arah. Setan debu mengangkat debu atau pasir ketika berputar-putar dan dapat naik setinggi 1 km (0,5 mil). Setan angin hanyalah setan debu yang tanpa debu. Setan angin merontokkan dedaunan dari pepohonan dan menjatuhkannya menutupi jalanan. 

GUDANG BAWAH TANAH UNTUK MENGHINDARI TORNADO

      Tempat perlindungan yang paling aman untuk menghindari tornado adalah di bawah tanah. Banyak tanah pertanian di Lorong Tornado mempunyai gudang bawah tanah yang diperkuat secara khusus, disebut gudang bawah tanah siklon (Storm Shelter/Storm Cellar) , tempat orang dapat berlindung dari tornado yang sedang mendekat.
      Gudang bawah tanah mempunyai dinding beton yang kokoh dan mempunyai luas kira-kira 1,5 m (6 kaki), panjang 2,5 m (8 kaki), dan dalam 2 m (7 kaki). Gudang ini cukup besar untuk menampung kurang lebih 8 orang. Pintu gudang menghadap ke timur laut, karena sebagian besar tornado datang dari arah barat daya, dan mempunyai palang kuat di dalamnya. Palang ini berguna untuk menahan pintu agar tidak terbang ketika inti tornado yang bertekanan rendah melintasi gudang.
      Di rumah-rumah yang tidak mempunyai gudang bawah tanah, tempat terbaik untuk berlindung adalah di dalam lemari atau ruang kecil di tengah-tengah rumah sehingga jauh dari jendela.



***
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Lagu Papinka Terlengkap (Download Papinka Discography)